Contoh sukses yang dilakukan Digital Marketing



Beberapa Contoh Campaign yang Sukses Dilakukan Digital Marketing Agency di Indonesia. perusahaan kecil hingga besar, semua tergerak untuk mengikuti jejak-jejak perusahaan lainnya yang terbukti sukses setelah melakukan pemasaran melalui digital. Di era digital sekarang ini, digital marketing bukanlah sesuatu yang aneh untuk dilakukan lagi. Dari Di Indonesia saja, sudah banyak contohnya, lihat saja Maicih, keripik super pedas yang berbasis di Bandung ini terbukti sukses setelah melakukan teknik penjualan unik melalui media sosial Twitter dan Facebook. Dengan menjual Maicih melalui Facebook dan Twitter, dimana info dan jam penjualan hanya bisa dilihat di media sosial tersebut, hal ini terbukti mampu menaikan nilai jual dari produk tersebut. Hasilnya? Sekarang pemilik Maicih, Reza Nurhilman, adalah salah satu pengusaha muda tersukses dengan omzet puluhan juta rupiah per bulannya.
Bukan hanya entrepreneur, banyak pula perusahaan besar yang melakukan digital marketing setelah melihat besarnya peluang pasar di Indonesia. Betapa tidak, untuk media sosial, pengguna Facebook di Indonesia adalah yang terbanyak ke-4 di dunia. Sedangkan untuk Twitter, pengguna di Indonesia adalah yang terbanyak ke-5. Perlu diingat kalau pengguna internet di Indonesia baru mencapai angka 34%, dan sudah mencapai angka yang sangat fantastis mengingat jumlahnya penduduk di Indonesia.
Melihat hal ini, tidak heran kalau banyak yang tertarik, atau bahkan sudah dari lama menggunakan teknik pemasaran digital untuk memasarkan produknya. Apalagi ditambah dengan fakta kalau pengguna internet akan semakin bertambah dari tahun ke tahun. Hal ini juga didukung semakin mudahnya mengakses internet, misalnya dengan semakin murahnya smartphone yang mendukung pengoperasian browser untuk mengakses internet.
Salah satu contoh perusahaan besar yang berhasil dalam memasarkan produknya dengan digital marketing adalah Pocari Sweat. Bekerja sama dengan digital agency XM Gravity selama 4 tahun, Pocari berhasil memperkuat kehadirannya melalui digital campaign yang dikemas dengan sangat baik. Dimulai dengan merombak website utamanya ( pocarisweat.co.id ), XM  Gravity mengubah website yang tadinya terkesan monoton menjadi website yang interaktif yang menarik untuk dilihat, meliputi informasi menarik seputar Pocari Sweat, layout yang tidak membosankan, bahkan games yang bisa dimainkan oleh orang yang mengunjungi websitenya.
Tidak berhenti sampai disitu, digital campaign Pocari Sweat memakai jasa  girl band AKB48 dan JKT48 sebagai brand ambassador-nya. Pocari Sweat juga membuat karakter fiksional yang melambangkan produknya, POCARIMAN. Dengan hadirnya POCARIMAN di media sosial Pocari Sweat, terjadi peningkatan yang sangat drastis di media sosial Pocari Sweat, yaitu peningkatan hingga 300% lebih banyak mention ke akun Twitter @pocariID, dan bertambahnya jumlah fans di Facebook hingga mencapai 200%. Pocari Sweat juga membuat hashtag #deg2an yang mampu menjadi trending topic (topik yang hangat dibicarakan di Twitter) nomor satu di Indonesia, yang meningkatkan jumlah followers-nya hingga 5x lipat.
Pocari Sweat juga membuat campaign EXPLORION, yang mampu mengajak hingga 100 ribu partisipan dari seluruh penjuru nusantara, dan berhasil mengumpulkan 500 ribu visit ke websitenya. Digital Campaign yang dilakukan oleh Pocari Sweat terbukti sukses, dan bisa dilihat dari peningkatan fans di laman Facebook Pocari Sweat, dari 16 ribu, menjadi 128 ribu, meningkat 800% dalam waktu kurang dari 3 bulan. Tidak hanya itu, Pocari Sweat juga melebarkan sayapnya ke social messenger Line dengan membuat sticker POCARIMAN buatannya sendiri, yang mencapai hingga 1 juta download dalam waktu 2 bulan.
Kesuksesan Pocari Sweat bekerja sama dengan XM Gravity melalui digital campaign-nya membuktikan kalau memilih untuk bekerja sama dengan digital agency yang tahu apa yang dikerjakannya dapat meningkatkan penjualan produknya, brand awareneness, dan brand image secara sangat signifkan.
Digital Marketing, sesuatu yang sangat lazim digunakan sekarang ini, terutama mengingat semakin canggih dan menglobalnya dunia pemasaran. Bagaimana pengukuran kesuksesan digital marketing agency di Indonesia? Karena semakin bertambahnya pengguna internet semakin memantapkan keputusan-keputusan dari banyak perusahaan untuk mulai menapakan kakinya ke dalam dunia pemasaran digital.
Akan tetapi, hal ini tentu berarti saingan Anda akan semakin banyak. Bila campaign Anda adalah sesuatu yang monoton dan membosankan, kecil kemungkinan Anda bisa mendapatkan tempat di tengah ketatnya persaingan. Karena itu, membuat campaign yang dapat menarik perhatian masyarakat adalah syarat wajib bila Anda ingin masuk ke dalam dunia pemasaran.

Membuat campaign yang menarik perhatian banyak orang memang tidaklah mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Ada banyak cara agar Anda dapat membuat campaign yang menarik, salah satunya adalah bekerja sama dengan Digital Marketing Agency. Cara ini terbukti efektif dalam menaikan pamor brand Anda dan untuk menaikan nilai jual Anda di mata customer.
Lihat saja campaign Pocari Sweat selama beberapa tahun ini yang seakan tak pernah kehabisan akal untuk menarik perhatian masyarakat. Ternyata, Pocari Sweat menjadi klien dari XM Gravity, salah satu digital agency terbaik di Indonesia.
Lalu setelah mengetahui kalau bekerja sama dengan digital agency adalah salah satu langkah yang baik untuk memajukan brand, bagaimana cara untuk digital agency yang baik itu sendiri? Karena pilihan yang salah justru akan membuat jelek brand Anda di mata masyarakat.
Tolok ukur kesuksesan sebuah Digital Marketing Agency
Berikut adalah aspek-aspek yang dapat menjadi tolok ukur kesuksesan sebuah Digital Marketing :
·         Umur: Umur yang dimaksud disini bukan hanya mengacu kepada umur perusahaan, tetapi juga umur tim yang ada di dalam perusahaan tersebut. Anda tentu ingin digital campaign dari perusahaan Anda dijalankan oleh tangan-tangan oleh berpengalaman, bukan oleh orang-orang latah yang membuat digital agency semata-mata karena melihat besarnya peluang di bidang bisnis ini. Usia, dalam konteks ini, bisa diartikan sebagai pengalaman.



·         Pemahaman Konteks Marketing: Hal ini adalah hal yang sangatlah penting, karena tujuan Anda adalah untuk melakukan campaign pemasaran yang berbalut teknologi digital. Anda bisa melihat sendiri, apakah digital agency yang Anda pilih mempunyai konsep marketing yang masuk dengan logika, atau sekadar sesuatu yang hanya kreatif tetapi tidak bisa menjual? Inilah yang patut Anda pertanyakan dan tegaskan, kalau Anda bukan hanya mencari sesuatu yang menarik, tetapi tujuan utama Anda adalah marketing. Karena itu Anda perlu mempunyai standar ganda dalam melihat seberapa besar sense marketing dari digital agency pilihan Anda.

·         Client Oriented: Anda juga harus mengecek ulang program-program yang disodorkan dari digital agency. Apakah semuanya bertujuan untuk memajukan bisnis Anda, atau program tersebut hanya sekedar kegiatan-kegiatan biasa yang bahkan Anda bisa lakukan sendiri? Atau bahkan hanya untuk menunjukan kebolehan dari digital agency tersebut tanpa mengutamakan kemajuan perusahaan Anda? Semua program yang ditawarkan oleh digital agency seharusnya berorientasi pada kesuksesan campaign

·         Analisa: Kemampuan analisa juga adalah salah satu aspek penting perlu diperhitungkan. Karena strategi-strategi yang dibuat oleh digital agency seharusnya sudah melewati beberapa tahapan, termasuk analisa, yang dilakukan oleh pihak digital agency.

·         Strategi Digital Marketing: Jangan lupa untuk bertanya apa strategi digital marketing digunakan oleh agency pilihan Anda, apakah strategi tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas campaign dan nilai brand perusahaan Anda.poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih digital agency


Sumber : http://www.brightstars.co.id/blog/tag/perkembangan-digital-marketing-di-indonesia/

0 komentar:

Posting Komentar