Beberapa
Contoh Campaign yang Sukses Dilakukan Digital Marketing Agency di Indonesia.
perusahaan kecil hingga besar, semua tergerak untuk mengikuti jejak-jejak
perusahaan lainnya yang terbukti sukses setelah melakukan pemasaran melalui
digital. Di era digital sekarang ini, digital marketing bukanlah
sesuatu yang aneh untuk dilakukan lagi. Dari Di Indonesia saja, sudah banyak
contohnya, lihat saja Maicih, keripik super pedas yang berbasis di Bandung ini
terbukti sukses setelah melakukan teknik penjualan unik melalui media sosial
Twitter dan Facebook. Dengan menjual Maicih melalui Facebook dan Twitter,
dimana info dan jam penjualan hanya bisa dilihat di media sosial tersebut, hal
ini terbukti mampu menaikan nilai jual dari produk tersebut. Hasilnya? Sekarang
pemilik Maicih, Reza Nurhilman, adalah salah satu pengusaha muda tersukses
dengan omzet puluhan juta rupiah per bulannya.
Bukan hanya entrepreneur, banyak
pula perusahaan besar yang melakukan digital marketing setelah
melihat besarnya peluang pasar di Indonesia. Betapa tidak, untuk media sosial,
pengguna Facebook di Indonesia adalah yang terbanyak ke-4 di dunia. Sedangkan
untuk Twitter, pengguna di Indonesia adalah yang terbanyak ke-5. Perlu diingat
kalau pengguna internet di Indonesia baru mencapai angka 34%, dan sudah
mencapai angka yang sangat fantastis mengingat jumlahnya penduduk di Indonesia.
Melihat hal ini, tidak heran kalau
banyak yang tertarik, atau bahkan sudah dari lama menggunakan teknik pemasaran
digital untuk memasarkan produknya. Apalagi ditambah dengan fakta kalau
pengguna internet akan semakin bertambah dari tahun ke tahun. Hal ini juga
didukung semakin mudahnya mengakses internet, misalnya dengan semakin
murahnya smartphone yang mendukung pengoperasian browser untuk
mengakses internet.
Salah satu contoh perusahaan besar
yang berhasil dalam memasarkan produknya dengan digital marketing adalah
Pocari Sweat. Bekerja sama dengan digital agency XM Gravity selama 4 tahun,
Pocari berhasil memperkuat kehadirannya melalui digital campaign yang
dikemas dengan sangat baik. Dimulai dengan merombak website utamanya (
pocarisweat.co.id ), XM Gravity mengubah website yang tadinya terkesan
monoton menjadi website yang interaktif yang menarik untuk dilihat, meliputi
informasi menarik seputar Pocari Sweat, layout yang tidak membosankan, bahkan games yang
bisa dimainkan oleh orang yang mengunjungi websitenya.
Tidak berhenti sampai disitu, digital
campaign Pocari Sweat memakai jasa girl band AKB48
dan JKT48 sebagai brand ambassador-nya. Pocari Sweat juga membuat
karakter fiksional yang melambangkan produknya, POCARIMAN. Dengan hadirnya
POCARIMAN di media sosial Pocari Sweat, terjadi peningkatan yang sangat drastis
di media sosial Pocari Sweat, yaitu peningkatan hingga 300% lebih banyak
mention ke akun Twitter @pocariID, dan bertambahnya jumlah fans di Facebook
hingga mencapai 200%. Pocari Sweat juga membuat hashtag #deg2an
yang mampu menjadi trending topic (topik yang hangat
dibicarakan di Twitter) nomor satu di Indonesia, yang meningkatkan jumlah followers-nya
hingga 5x lipat.
Pocari Sweat juga membuat campaign EXPLORION,
yang mampu mengajak hingga 100 ribu partisipan dari seluruh penjuru nusantara,
dan berhasil mengumpulkan 500 ribu visit ke websitenya. Digital
Campaign yang dilakukan oleh Pocari Sweat terbukti sukses, dan bisa
dilihat dari peningkatan fans di laman Facebook Pocari Sweat,
dari 16 ribu, menjadi 128 ribu, meningkat 800% dalam waktu kurang dari 3 bulan.
Tidak hanya itu, Pocari Sweat juga melebarkan sayapnya ke social
messenger Line dengan membuat sticker POCARIMAN buatannya sendiri,
yang mencapai hingga 1 juta download dalam waktu 2 bulan.
Kesuksesan Pocari Sweat bekerja sama
dengan XM Gravity melalui digital campaign-nya membuktikan kalau
memilih untuk bekerja sama dengan digital agency yang tahu apa
yang dikerjakannya dapat meningkatkan penjualan produknya, brand
awareneness, dan brand image secara sangat signifkan.
Digital Marketing, sesuatu yang sangat lazim digunakan sekarang ini, terutama
mengingat semakin canggih dan menglobalnya dunia pemasaran. Bagaimana
pengukuran kesuksesan digital marketing agency di Indonesia? Karena semakin
bertambahnya pengguna internet semakin memantapkan keputusan-keputusan dari
banyak perusahaan untuk mulai menapakan kakinya ke dalam dunia pemasaran
digital.
Akan tetapi, hal ini tentu berarti
saingan Anda akan semakin banyak. Bila campaign Anda adalah
sesuatu yang monoton dan membosankan, kecil kemungkinan Anda bisa mendapatkan
tempat di tengah ketatnya persaingan. Karena itu, membuat campaign yang
dapat menarik perhatian masyarakat adalah syarat wajib bila Anda ingin masuk ke
dalam dunia pemasaran.
Membuat campaign yang menarik
perhatian banyak orang memang tidaklah mudah, tetapi bukan berarti tidak
mungkin. Ada banyak cara agar Anda dapat membuat campaign yang menarik, salah
satunya adalah bekerja sama dengan Digital Marketing Agency. Cara ini terbukti efektif dalam menaikan pamor brand Anda dan untuk menaikan nilai jual Anda di mata customer.
Lihat saja campaign Pocari
Sweat selama beberapa tahun ini yang seakan tak pernah kehabisan akal untuk
menarik perhatian masyarakat. Ternyata, Pocari Sweat menjadi klien dari XM
Gravity, salah satu digital agency terbaik di Indonesia.
Lalu setelah mengetahui kalau
bekerja sama dengan digital agency adalah salah satu langkah
yang baik untuk memajukan brand, bagaimana cara untuk digital
agency yang baik itu sendiri? Karena pilihan yang salah justru akan
membuat jelek brand Anda di mata masyarakat.
Tolok ukur kesuksesan sebuah Digital Marketing
Agency
Berikut adalah aspek-aspek yang
dapat menjadi tolok ukur kesuksesan sebuah Digital Marketing :
·
Umur: Umur yang dimaksud disini bukan hanya mengacu kepada umur
perusahaan, tetapi juga umur tim yang ada di dalam perusahaan tersebut. Anda
tentu ingin digital campaign dari perusahaan Anda dijalankan
oleh tangan-tangan oleh berpengalaman, bukan oleh orang-orang latah yang
membuat digital agency semata-mata karena melihat besarnya
peluang di bidang bisnis ini. Usia, dalam konteks ini, bisa diartikan sebagai
pengalaman.
·
Pemahaman
Konteks Marketing: Hal ini
adalah hal yang sangatlah penting, karena tujuan Anda adalah untuk
melakukan campaign pemasaran yang berbalut teknologi digital.
Anda bisa melihat sendiri, apakah digital agency yang Anda
pilih mempunyai konsep marketing yang masuk dengan logika, atau sekadar sesuatu
yang hanya kreatif tetapi tidak bisa menjual? Inilah yang patut Anda
pertanyakan dan tegaskan, kalau Anda bukan hanya mencari sesuatu yang menarik,
tetapi tujuan utama Anda adalah marketing. Karena itu Anda perlu mempunyai
standar ganda dalam melihat seberapa besar sense marketing
dari digital agency pilihan Anda.
·
Client
Oriented: Anda juga harus mengecek ulang
program-program yang disodorkan dari digital agency. Apakah
semuanya bertujuan untuk memajukan bisnis Anda, atau program tersebut hanya
sekedar kegiatan-kegiatan biasa yang bahkan Anda bisa lakukan sendiri? Atau
bahkan hanya untuk menunjukan kebolehan dari digital agency tersebut
tanpa mengutamakan kemajuan perusahaan Anda? Semua program yang ditawarkan
oleh digital agency seharusnya berorientasi pada
kesuksesan campaign
·
Analisa: Kemampuan analisa juga adalah salah satu aspek penting perlu
diperhitungkan. Karena strategi-strategi yang dibuat oleh digital
agency seharusnya sudah melewati beberapa tahapan, termasuk analisa,
yang dilakukan oleh pihak digital agency.
·
Strategi
Digital Marketing: Jangan
lupa untuk bertanya apa strategi digital marketing digunakan
oleh agency pilihan Anda, apakah strategi tersebut dapat
membantu meningkatkan kualitas campaign dan nilai brand perusahaan
Anda.poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih digital agency
Sumber : http://www.brightstars.co.id/blog/tag/perkembangan-digital-marketing-di-indonesia/
0 komentar:
Posting Komentar