ANALISIS PRODUK McDONALD'S



ANALISIS PRODUK McDONALD'S

McDonald’s merupakan salah satu pencetus restoran cepat saji di dunia yang mengutamakan kecepatan dan volume dalam setiap penyajian makanannya. Strategi penyediaan makanan yang cepat tersebut ternyata digemari oleh pelanggan sehingga semakin banyak pelanggan yang datang untuk menikmati makanan di McDonald’s.
Selain dari segi menu, McDonald’s juga menawarkan harga yang murah sehingga memungkinkan pelanggan maupun keluarganya dapat menikmati santap pagi, siang dan malam di McDonald’s secara regular.
Untuk dapat bersaing di pasar Indonesia, McDonald’s membedakan segmentasinya dengan restoran cepat saji lain yang ada.



·         SEGMENTASI

McDonald’s menggunakan teori Segmentasi Demografi dan Segmentasi Psikografis.
Segmentasi Demografi
McD ditujukan atau produknya dipasarkan untuk semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa bahakan dari konsumen yang berpenghasilan rendah, sedang sampai tinggi. Dalam iklan McD terlihat bahwa yang menikmati produk McD ini dari berbagai kalangan usia maupun jenis kelamin mulai anak-anak sampai dewasa.
Segmentasi Psikografis
Mcd lebih tertuju pada masyarakat kalangan menengah ke atas. Karena tempat dan harganya yang lumayan mahal, jadi tidak semua kalangan bisa menikmatinya.


·         TARGETING
Targeting McD ini mulai usia anak-anak hingga dewasa, semua bisa menikmatinya. semua orang dapat merasakan produk McD tanpa dibatasi oleh perbedaan budaya, selain itu, terlihat bahwa semua orang sangat menyenangi bahkan menyukai produk McD yang sangat cocok dengan budaya Indonesia yaitu berbahan alami dan terbuat dari bahan makanan yang halal seperti ayam, daging sampai bahan-bahan lainnya yang alami dan halal.


·         POSITIONING
Produk McD ini berbeda dengan produk-produk lainnya. Yakni mereka memiliki satu produk, yaitu paket pesta ulang tahun yang mana itu adalah konsep atau ide dari McD itu sendiri.




Penerapan 4P Produk McDonald's

  1. Product
Produk yang ditawarkan oleh McDonald’s cocok dan disukai oleh seluruh kalangan, mulai dari yang muda sampai tua. Mereka menjadikan ayam crispy sebagai menu andalan mereka. Dari ayam gorengnya hingga bermacam – macam menu burger yang dibuat berisikan daging ayam bukan daging sapi. Produk McDonald’s sebisa mungkin diseragamkan dan disesuaikan dengan budaya dan selera masyaraka setempat, sehingga McDonald’s dapat bersaing dengan restoran lainnya di seluruh dunia.

  1. Price
Setiap produk yang tersedia di McDonald’s memiliki harga jual yang sesuai. Maksudnya, harga yang diterapkan untuk suatu produk tertenu disesuaikan dengan bahan yang digunakan, cara pembuatan, porsi, dan lain sebagainya. Harga yang ditetapkan tersebut sesuai dengan bahan baku yang mampu dibeli masyarakat pada umumnya. Sehingga produk yang dijual memiliki nilai yang sesuai dengan harga yang dibayarkan oleh konsumen. Di Indonesia produk bigmac kurang dapat bersaing dengan produk lainnya yang ditawarkan karena harganya yang tidak dapat dijangkau dan selera konsumen yang lebih cocok pada daging ayam dibandingkan daging sapi. Maka dari itu diciptakanlah menu burger yang diisi oleh daging ayam. Mcdonalds juga kini mengembangkan strategi pricing untuk menarik kalangan bawah sampai menengah dan hasilnya dapat dilihat dari basis pelanggan McDonalds saat ini. Restoran siap saji ini memiliki nilai harga tertentu serta strategi menggabungkan beberapa makanan dan minuman dalam satu paket seperti happy meal, paket hemat, big breakfast, dan paket makan lainnya sebagai salah satu cara meningkatkan total penjualan.

  1. Place

Pihak McDonald’s selalu dapat memilih tempat yang tepat untuk membuka cabang. Jika diperhatikan restoran McDonald’s selalu berada di tempat-tempat yang strategis, seperti di jalan utama yang lalu lintasnya ramai, mall, pusat perkantoran, dll. Karena pemilihan tempat yang tepat untuk membuka usaha sangat mempengaruhi jumlah pengunjung yang singgah. Bangunan McDonald pun sangatlah terlihat ciri khasnya, bangunannya yang berwarna kuning dan merah, yang membuat konsumen hafal saat pertama kali melihat bangunan mereka. Tata letak tempat didalam Mc Donald tersebut juga diatur sedemikian rupa sehingga nyaman digunakan untuk anak muda yang mengerjakan tugas atau hanya sekedar mengobrol dan area bermain kecil untuk anak – anak.
4.    Promotion
McD ini menunjukkan kepada konsumen dengan menampilkan iklan yang begitu menarik, mewah, menarik, dikemas dengan apik dan menjunjung berbagai kebudayaan yang ada di Indonesia bahwa semua orang dapat merasakan produk McD tanpa dibatasi oleh perbedaan budaya, selain itu dalam iklan terlihat bahwa semua orang sangat menyenangi bahkan menyukai produk McD yang sangat cocok dengan budaya Indonesia yaitu berbahan alami dan terbuat dari bahan makanan yang halal seperti ayam, daging sampai bahan-bahan lainnya yang alami dan halal.




 DESKRIPSI ADVERTISEMENT McDonald's



Deskripsi adevertisement McDonald’s

Di iklan McD yang “25 Tahun kebersamaan” ini memakai beberapa endorser, yaitu pria dan wanita dari semua generasi. Dalam video iklan tersebut di maksudkan bahwa semua kalangan dari usia anak-anak sampai dewasa, dimanapun berada dan kapan pun tetap bisa makan McD. Dalam iklan tersebut juga terdapat kata-kata “mana lagi selain di McD”
·        What do we need to say
Kekeluargaan dan kebersamaan
·        Tonality
Kreatif, simpatik
·        Brand ide
I’am Lovin it
·        Brand personification
Bila MC’Donals adalah sosok provider, dia adalah Simpati yang selalu ada dalam jangkauan.
·        Mandatory
Merk dan Logo MC’Donals yang disimbolkan dengan huruf M melekat diingatan konsumen.
·        Advertising Advertising Requiment
TV commercial, iklan cetak untuk Koran dan majalah.
·        Even Promotion
MC’Donals banyak mensponsori acara-acara pada kegiatan keluarga dan piknik keluarga karna makanan yang mudah dibawa kema saja.




KESIMPULAN
Dari analisa singkat terhadap STP dan 4P terhadap produk makanan siap saji yang disajikan hanya dalam 30 detik, dapat kita ketahui produk makanan cepat saji ini menguasai pasar makanan cepat saji sampai saat ini lebih dari 70%.
·        McDonald's cenderung lebih unggul dibandingkan dengan merk makanan cepat saji lainnya.
·        Unsur rasa pada makanan cepat saji ini pas untuk semua lidah didunia rasa yang identek yang menjadikan makanan ini disukai sampa saat ini.
·        Berani menembus segmen pasar besar karna harga yang dipatok cukup tinggi namun harga sangat sesuai dengan makanan yang di peroleh.












0 komentar:

Posting Komentar